Sabtu, 04 Juni 2011

Cara Mudah Memperbaiki Flashdisk Read Only Pada Linux openSUSE

Beberapa hari yang lalu, Flash Disk Kingston DT101 G2 yang saya miliki mengalamai kejadian aneh, statusnya menjadi Read Only. Seluruh file yang ada pada Flashdisk tersebut tidak bisa dicopy atau diedit, hanya bisa di baca saja. Setiap kali saya mencoba mengcopy atau mengedit file tersebut selau muncul pesan bahwa Flashdisk Read Only. Kejadian ini cukup menjengkelkan karena ada beberapa file pada Flashdisk yang harus segera saya pindahkan ke komputer lain. Beruntung saya menggunakan sistem operasi Linux, setelah Googling beberapa saat, akhirnya ditemukan solusi yang cukup mudah untuk memperbaikinya.





Berikut ini langkah-langkah memperbaiki Flashdisk read only yang saya jalankan pada Linux openSUSE:



  • Tancapkan Flashdisk pada notebook/komputer anda

  • Buka Terminal

  • Jalankan perintah df -h. Perintah ini digunakan untuk mengetahui Flashdisk kita dibaca sebagai sda, sdb atau sdc. Berikut contoh hasil perintah df -h yang saya jalankan:

  • Filesystem            Size  Used Avail Use% Mounted on

    rootfs                163G  120G   42G  75% /

    devtmpfs              961M  312K  961M   1% /dev

    tmpfs                 967M  816K  967M   1% /dev/shm

    /dev/sda6             163G  120G   42G  75% /

    /dev/sda3             197G  177G   11G  95% /mnt/Ubuntu

    /dev/sdb1             3.8G  3.1G  714M  82% /media/KINGSTON


  • Setelah mengetahui letak Flashdisk anda (berdasarkan contoh di atas ada di /dev/sdb1), jalankan perintah:

  • su -c ’dosfsck -a -v /dev/sdb1′


  • Ganti /dev/sdb1 sesuai dengan hasil perintah df -h yang telah anda jalankan sebelumnya.

  • Unmount dan cabut Flashdisk dari notebook/komputer anda.

  • Tancapkan kembali Flashdisknya pada notebook/komputer. Jika anda berhasil, seharusnya Flashdisk sudah tidak berstatus Read Only lagi.

  • Selamat mencoba!


  • +Update


    Pada distro Linux Debian dan turunannya (Ubuntu, LinuxMint, Sabiliy, dll), perintah pada langkah keempat bisa diganti dengan:


    sudo dosfsck -a -v /dev/sdb1


    Semoga berhasil!




    Share and Enjoy:


    • RSS

    • Google Bookmarks

    • Facebook

    • Digg

    • del.icio.us

    • Blogplay

    • Twitter




    Artikel href="http://buddyholly.web.id/2011/04/cara-mudah-memperbaiki-flashdisk-read-only-pada-linux-opensuse.html">Cara Mudah Memperbaiki Flashdisk Read Only Pada Linux openSUSE ini dipersembahkan oleh href="http://buddyholly.web.id" title="Opensources Minded">Opensources Minded.

    3 komentar:

    Unknown mengatakan...

    dosfsck 3.0.14 (23 Jan 2023)
    dosfsck 3.0.14, 23 Jan 2023, FAT32, LFN
    Checking we can access the last sector of the filesystem
    0x25: Dirty bit is set. Fs was not properly unmounted and some data may be corrupt.
    Automaticaly removing dirty bit.
    Boot sector contents:
    System ID "MSDOS5.0"
    Media byte 0xf8 (hard disk)
    512 bytes per logical sector
    32768 bytes per cluster
    2 reserved sectors
    First FAT starts at byte 1024 (sector 2)
    2 FATs, 16 bit entries
    122368 bytes per FAT (= 239 sectors)
    Root directory starts at byte 245760 (sector 480)
    512 root directory entries
    Data area starts at byte 262144 (sector 512)
    60983 data clusters (1998290944 bytes)
    63 sectors/track, 255 heads
    32 hidden sectors
    3903456 sectors total
    Reclaiming unconnected clusters.
    Performing changes.
    /dev/sdb1: 772 files, 47119/60983 clusters
    Writing 512 bytes at 0 failed: Operation not permitted


    ada cara laen ga gan ??? :(

    Andryan mengatakan...

    @Vans Ae , +Vans Ae :

    coba mas di Unmount dulu flashdisknya. baru jalankan perintah di atas :

    Perintahnya (untu ubuntu) :

    sudo umount /dev/sdb1

    sudo dosfsck -a -v /dev/sdb1

    -----------------------------------------

    semoga bisa membantu :)

    MBAH JAYA WARSITO mengatakan...

    Terima kasih banyak Aky Ternyata Angka jitu hasil Ritual KI JAYA Yang saya minta ternyata Tembus SINGAPUR 4D SENIN 15 DESEMBER 2014 DENGAN ANGKA 8826 Puji TUHAN SAYA mendapatkan kemenangan 350 JUTA. Sampai-sampai saya mengeluarkan Air mata, SAYA sangat terharu, bahagia dan bersyukur kpd TUHAN Yang Maha Esa. Skrng SAYA sudah memiliki modal untk buka usaha sendiri dan sdh membeli Rumah dan yg paling utama SAYA tdk Terlilit Utang lagi sewaktu SAYA menjadi pegawai pabrik. Jgn pikirkan lagi, langsung hub "KI JAYA" Di (((085-321-606-847_))) Terima kasih banyak Aky Semoga TUHAN membalas kebaikan Anda Jangan Lupa baca blog Ki jaya [⌣»̶•̵̭̌✽̤̈•̵̭̌☀̤̈>>KLIK*DISINI<<☀̤̣̈̇•̵̭̌✽̤̈•̵̭̌«̶⌣]




























    Terima kasih banyak Aky Ternyata Angka jitu hasil Ritual KI JAYA Yang saya minta ternyata Tembus SINGAPUR 4D SENIN 15 DESEMBER 2014 DENGAN ANGKA 8826 Puji TUHAN SAYA mendapatkan kemenangan 350 JUTA. Sampai-sampai saya mengeluarkan Air mata, SAYA sangat terharu, bahagia dan bersyukur kpd TUHAN Yang Maha Esa. Skrng SAYA sudah memiliki modal untk buka usaha sendiri dan sdh membeli Rumah dan yg paling utama SAYA tdk Terlilit Utang lagi sewaktu SAYA menjadi pegawai pabrik. Jgn pikirkan lagi, langsung hub "KI JAYA" Di (((085-321-606-847_))) Terima kasih banyak Aky Semoga TUHAN membalas kebaikan Anda Jangan Lupa baca blog Ki jaya [⌣»̶•̵̭̌✽̤̈•̵̭̌☀̤̈>>KLIK*DISINI<<☀̤̣̈̇•̵̭̌✽̤̈•̵̭̌«̶⌣]

    Posting Komentar

     
    Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Press Release Distribution